Catatan Murid Dahlan

Beranda » Akal Sehat Dahlan Iskan » Nama Boleh Beda, Rasa Tetap Sama

Nama Boleh Beda, Rasa Tetap Sama

intartosaja@gmail.com

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya

Dahlan Iskan

Dahlan Iskan

Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk terbesar di dunia. Tetapi kalau melihat jumlah oplah koran yang beredar, Indonesia belum bisa berbangga. “Jawa Pos harus menjadi koran dengan oplah 1 juta eksemplar per hari,” tekat Dahlan Iskan, saat memimpin Jawa Pos pada 1982.

Oplah 1 juta eksemplar per hari, waktu itu, merupakan mimpi yang nyaris mustahil. Apalagi, saat itu Jawa Pos juga bukan koran nomor satu di Surabaya. Oplahnya hanya 3.000 eksemplar per hari. Sementara Surabaya Post, saat itu sudah 180.000 eksemplar per hari.

“Kita pasti bisa mencapai 1 juta eksemplar dengan semangat kerja, kerja, kerja,” kata Dahlan setiap kali memotivasi karyawan.

Mengandalkan Jawa Pos bertahun-tahun, oplah 1 juta eksemplar hanya bisa diraih setengahnya saja. Dahlan pun mengambil strategi baru. Menggandeng atau mendirikan koran lokal, dengan konten nasional dari Jawa Pos. “Nama boleh beda, rasa tetap Jawa Pos,” kata Dahlan.

Hari ini, Jawa Pos mengelola anak perusahaan koran sebanyak 207 di seluruh Indonesia. Oplah 1 juta pun telah lama terlampaui. Seluruh ibu kota provinsi dan sepertiga kabupaten di Indonesia memiliki koran sendiri.

Untuk mendistribusikan koran agar tiba tepat waktu di tangan pembaca, Jawa Pos membangun 60 percetakan di 60 kota. Seluruh percetakan terhubung dengan sistem cetak jarak jauh yang bisa dikendalikan dari mana saja.

Jawa Pos Group memiliki lebih dari 2.000 wartawan yang tersebar di seluruh kabupaten. Bila setiap wartawan memproduksi 3 berita sehari, maka Jawa Pos Group menghasilkan 6.000 berita per hari. Inilah kekuatan jaringan kantor berita JPNN – Jawa Pos National Network.

Sekarang,  kompetitor Jawa Pos mulai mengikuti langkah Dahlan dengan membangun koran-koran lokal.

Joko Intarto, sebuah pandangan pribadi

Follow me @intartojoko


1 Komentar

  1. […] Nama Boleh Beda, Rasa Tetap Sama. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: